Jumat, 14 September 2012

Hobi Pelihara Ayam Hutan Hijau



Berawal dari cerita teman-teman di desa saya katanya sering menembak ayam hutan untuk di manfaatkan dagingnya. Saya berfikir kalau begini terus maka lama-lama ayam hutan hijau akan semakin habis dari habitat aslinya. Maka sejak beberapa bulan terakhir ini saya mempunyai hobi baru memelihara ayam hutan hijau atau Gallus Varius. Ayam hutan pertama saya dapat dari seorang teman dari hasil menembak yang hanya menyerempet lehernya sehingga tidak mati, waktu itu saya beli dengan harga 50 ribu, tetapi tidak bertahan lama hanya kira-kira 1 bulan di pelihara akhirnya lepas waktu mau di kasih makan sama istri saya.... hehehehe....... Rasanya sangat kehilangan bukan karena harganya tetapi karena itu adalah ayam hutan yang pertama dan pada waktu itu satu-satunya yang saya punya…… saya bangga sama istri saya karena niatnya baik mau bantu suami kasih makan ayam hehehehe……..
Sejak saat itu mulai mencari-cari info ayam hutan yang mau di jual, tidak berapa lama dapat lagi dari teman hasil jerat di hutan, tapi sayangnya betina, lumayan dari pada tidak punya sama sekali. Sampai saat ini ayam hutan di rumah sudah ada 5 ekor yang 2 ekor masih berumur 2 bulan peliharaan dari kecil, saya berharap besarnya nanti bisa berjodoh dan menghasilkan keturunan. Hobi sekaligus melestarikan ayam hutan hijau karena di daerah saya semakin hari populasinya semakin berkurang akibat dari perburuan liar.

3 komentar:

  1. yang 2 bulanan beli da mana Mas Bro? harga berapaan?

    BalasHapus
  2. ada Pak tapi cuma sepasang dan tidak di jual hehehehehehe..... mau belajar breeding......

    BalasHapus
  3. Mantep... aku juga kepingin punya ayam hutan.

    BalasHapus